Profil Perusahaan Yang Bergerak di Bidang IT (LG)

Posted: October 13, 2013 in Pengantar Forensik Teknologi Informatika
Tags: ,

Seiring berkembang dengan pesatnya teknologi zaman sekarang, maka bermunculan juga perusahaan-perusahaan berbasis elektronik maupun juga bidang IT, salah satunya LG. Sekarang saya akan membahas profil perusahaan LG Electronic  yang bergerak dibidang elektronik maupun IT.

LG Group merupakan sebuah chaebol (kolongmerat)besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik (termasuk domotik), telepon genggam dan petrokimia. Nama LG berasal dari singkatan “Lucky – Goldstar”,
nama perusahaan tersebut sampai tahun 1995.Semangat inovasi dan kepeloporan mengawali langkah LG sejak merekamemproduksi rangkaian produk kimia dan elektronik di korea. Pendiri sekaligus pemilik, InHwoi Koo, mendirikan Lucky Chemical Industrial Co (sekarang bernama LG Chemical) padatahun 1947 sehingga sejarah LG terukir. Perusahaan yang memulai gerakkannya denganmemproduksi Lucky Cream ini merambah pula ke industri plastik. Inilah pertama kali ada industri plastik di Korea. Dengan mendirikan Honam Oil Refining Co (atau LG Caltex Oil) perusahaanpenyulingan minyak pertama di Korea pada tahun 1967 LG melibatkan diri ke sektor bahandasar. Ini membuka jalannya menuju industri kimia dan logam berat. Kemudia LG (LuckyGroup) pun terus mengembangkan jaringannya dalam bidang elektronik dengan menambahusahanya di penjuru dunia, setelah berhasil LG pun masuk ke Indonesia dibawah pimpinanPresiden Direktur Young Ha Kim dengan nama perusahaan PT. LG ELECTRONICSINDONESIA sebagai perusahaan tunggal untuk menjual produk LG Elektonik di Indonesia.Dengan adanya kebutuhan elektronik di masyarakat yang terus meningkat, tentunyaLG Electronik Indonesia pun terus meningkatkan dirinya, terbukti dengan bertambahnyacabang-cabang di seluruh Indonesia yaitu LG Cabang Bandung, LG cabang Banjarmasin, LGCabang Denpasar, LG cabang Yogyakarta , LG Cabang Makasar, LG Cabang Medan, LGCabang Manado, LG Cabang Padang, LG Cabang Surabaya, LG Cabang Pekanbaru, LGCabang Samarinda, LG Cabang Semarang, dan LG Cabang Palembang,.Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawannya maka perusahaan selainmemberikan gaji juga mengikutsertakan karyawannya dalam program jamsostek, asuransikecelakaan dan memberikan bonus per semester.

images (1)

Visi dan Misi Perusahaan
Visi
a.Global Top 3 Oleh 2010 (Global Top 3 Pada Perusahaan Elektronika / Telekomunikasi)
b. Strategi Pertumbuhan ( Inovasi Tercepat / Tingkat Pertumbuhan Tercepat)
c. Inti Kompetensi ( Kepemimpinan Produk, Kepemimpinan Pasar, Sumber DayaManusia Yang mempunyai kualitas kepemimpinan )
d. Budaya Kerjasama ( Tidak ada alasan, “kami” bukan “saya”, Tempat Kerja yangmenyenangkan)
LG Electronics sedang mengejar dengan     visi abad 21 menjadi pemimpin digital globalsejati yang dapat membuat pelanggan senang di seluruh dunia melalui produk digital yanginovatif dan layanan.

Capture

Misi
 a. Pertumbuhan cepat
Pertumbuhan cepat adalah hasil dari strategi yang dirancang untuk memperluas danpenghasilan dengan cepat, sementara meningkatkan tingkat pertumbuhan dari seginilai moneter, bukan kuantitas.
b.Inovasi cepat
Kemajuan yang pesat melibatkan inovasi inovasi sangat tinggi tujuan danmengamankan keunggulan kompetitif, membidik target 30% lebih dari apa yangdapat dicapai pesaing kita. Fast inovasi juga berarti 30% lebih banyak penjualan danpeningkatan pangsa pasar kami, pengembangan produk baru dan pembukaan produk tersebut 30% lebih cepat, mengembangkan teknologi dan membangun nilaiperusahaan tiga tahun ke depan dari pesaing kita.
c. Kemampuan inti
– Kepemimpinan produk mengacu pada kemampuan untuk mengembangkan kreatif,atas produk-produk berkualitas, khusus yang menggunakan teknologi baru.
 – Kepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk mencapai peringkat atas,di seluruh dunia, berkat kehadiran pasar yang tangguh di negara-negara di seluruhdunia.
– Orang kepemimpinan mengacu pada dominasi pasar dicapai dengan memilih danmemelihara pemain tim berbakat mampu menginternalisasi dan melaksanakaninovasi di seluruh papan.d.
d. Produk Kepemimpinan
Kepemimpinan produk mengacu pada kemampuan untuk mengembangkan kreatif,atas produk-produk berkualitas dengan menggunakan teknologi baru khusus.
e. Pasar KepemimpinanKepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk mencapai “LG merek No 1″tujuan, berkat untuk-midable kehadiran pasar di seluruh dunia
f. Orang KepemimpinanOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
g. Budaya PerusahaanOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
h. No ExcusesOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
i. ‘Kami’ bukan ‘aku’Kami mengejar budaya perusahaan yang mendorong semua karyawan untuk bekerjasama dan membentuk tim yang kuat.
j. Fun KerjaKami menciptakan suatu tempat kerja di mana kreativitas individu dan kebebasanbekerja dihormati dan dibuat menyenangkan.
Misi ini jelas mendukung langkah-langkah untuk mewujudkan visi LG denganmengembangkan ide-ide kreatif SDM yang dimiliki oleh LG sehingga dengan memiliki SDMyang berkualitas dan kreatif akan membuahkan ide-ide kreatif untuk inovasi produk danmemajukan perusahaan dengan inovasinya sehingga bisa mewujudkan cita-citanya untuk menjadi salah satu dari tiga perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang elektronik dantelekomunikasi.
lg-logo2
Capture1
Capture2
STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN
Dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya, PT LG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.     Kebijakan Produk
PT. LG Electronics Indonesia memproduksi berbagai produk teknologi. Produk-produk yang diproduksi pada subdivisi IT Product antara lain :
• Monitor
• OSD (Optical Storage Device)
Untuk produk monitor terdapat bermacam-macam type yang dipasarkan. Tetapi keseluruhannya dibagi dalam 3 jenis, yaitu conventional, flatron, dan LCD. Untuk produk OSD juga terdapat bermacam-macam tipe. Diantaranya adalah CD ROM, CD RW, DVD ROM, Combo, DVD RW Int, DVD RW (SATA), dan DVD RW Eksternal.
2.     Kebijakan Harga
Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam menentukan harga karena harga mempunyai hubungan yang erat dengan pendapatn perusahaan. Adapun beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam penentuan harga, antara lain :
1.      Biaya (cost)
• Biaya produksi
• Biaya pemasaran
• Pajak yang dikenakan
2.      Keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan
3.      Harga produk-produk saingan
PT. LG Electronics Indonesia tidak menentukan harga jual ke konsumen akhir. Perusahaan menentukan harga jual yang sama pada tiap Master Dealer dan Dealer dimana harga untuk end user ditentukan sendiri oleh masing-masing Dealer.
3.      Kebijakan Distribusi
PT. LG Electronics Indonesia mempunyai saluran distribusi yang dapat dikelompokkan menjadi Master Dealer, dan Dealer sehingga dapat digolongkan ke dalam saluran distribusi dua tingkat (two level channel). Master Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
• Sempurna Computer (Jakarta)
• Aldo Computer (Jakarta)
• Trisentosa (Jakarta)
• PT. Into Sanho Technology (Medan)
Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
• Asiatech
• Expert Computer
• Bintang Raya
• D Com
• HJ
Selain itu PT. LG Electronics Indonesia memiliki kantor cabang di beberapa daerah di Indonesia, antara lain :
• Bandung
• Semarang
• Surabaya
• Denpasar
• Ujung Pandang
• Manado
• Medan
• Palembang
• Pekanbaru
• Padang
• Banjarmasin
• Samarinda
• Yogyakarta
4.     Kebijakan Promosi
Promosi yang dilakukan oleh PT. LG Electronics Indonesia ditujukan selain pada Master Dealer dan Dealer-nya juga ditujukan langsung ke end user. Promosi yang ditujukan ke Master Dealer atau Dealer berupa discount tambahan dan point yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan dengan berbagai macam barang hadiah seperti sepeda motor, TV, dan sebagainya. Sedangkan promosi yang ditujukan untuk end user biasanya berupa voucher belanja Carefour. Promosi yang dilakukan selain berguna untuk memikat ataupun mendorong Master Dealer maupun Dealer untuk lebih banyak lagi menjual produk-produk perusahaan hingga sampai end user, juga berguna untuk meningkatkan hubungan baik dengan para Master Dealer maupun Dealer.
beberapa strategi yang dapat diterapkan di dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1.     Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka penjualan tertentu, atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari peluang yang ada dimana pasar saat ini tidak jenuh dengan produk yang ada bahkan pasar mulai membutuhkan produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat penggunaan produk-produk perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi yang ada.
2.     Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru di bidang yang sama, maka perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk baru yang dapat lebih menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk yang ada sehingga variasi produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya dengan mulai memproduksi produk-produk IT lainnya seperti USB, Bluetooth, Card Reades, dan sebagainya.

 

referensi

http://www.scribd.com/doc/114204116/PT-LG-ELECTRONICS-INDONESIA-SEBAGAI-SUATU-SISTEM

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&ved=0CG8QFjAI&url=http%3A%2F%2Fthesis.binus.ac.id%2Fdoc%2FBab3%2F2006-2-00959-SI-Bab%25203.pdf&ei=F71aUoz5LMKXrAer24CgCA&usg=AFQjCNG07c8O_v5rF-QTWoj6ba1QuFGt5Q&bvm=bv.53899372,d.bmk&cad=rja

 

http://biecantik.blogspot.com/2013/01/makalah-pt-lg-indonesia.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s